Wednesday, March 14, 2007

Akuntansi dan Pelaporan

AKUNTANSI DAN PELAPORAN.

Nama instansi : Kantor Wilayah VII Direktorat Jenderal Perbendaharaan Bandar Lampung, Bidang Akuntansi dan Pelaporan, Seksi Pengolahan Data Akuntansi.Aku beraktivitas di bidang AKLAP terhitung mulai tanggal 10 Januari 2006. Tugas pokok dan fungsi bidang Akuntansi dan Pelaporan Kanwil VII Ditjen Perbendaharaan Bandar Lampung adalah melakukan bimbinan teknis Sistem Akuntansi Instansi (SAI) terdiri dari Sistem Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (SAPPA-W) dan Sistem Akuntansi Barang Milik Negara (SABMN), melakukan Rekonsiliasi Laporan Keungan Tingkat UAPPA-W kepada Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah di Provinsi Lampung. Membina Seksi Verfikasi dan Akuntansi Kantor Pelayanan Negara dan memproses Arsip Dokumen Komputer (ADK) dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, Bandar Lampung, Kota Bumi, Liwa dan Metro, membuat Laporan Keuangan Pemerintah Pemerintah (LKPP) Tingkat Wilayah.
Landasan Hukum pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah Pemerintah (LKPP) Tingkat Wilayah adalah Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 66 tahun 2005.

Kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang AKLAP adalah pengetahuan komputer yang baik tentang Database, Office (Microsoft Word dan Excel), pendidikan menimal Diploma 3 atau yang pengetahuannya setara dengan Diploma 3.
Sarana dan Prasarana yang tersedia : Personal Computer menimal phentium III, dan tersedianya akses ke internet untuk mengdownload dan mengupload ADK KPPN. Applikasi Office, Sistem Informasi Keuangan Akuntansi Pelaporan (SIK-AKLAP) serta Aplikasi pendukung lainnya.

Permasalahan : adalah belum meratanya penguasaan Teknologi Informasi bidang Komputer, pengetahuan tentang Akuntansi pada SDM bidang AKLAP dan SDM UAPPA-W, sehingga pembinaan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Tugas pokok dan fungsi belum berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Struktur organisasi yang belum lengkap pada level Koordinator Pelaksana. SDM yang ditempatkan pada bidang AKLAP belum sesuai dengan kualifikasi.
Solusi Permasalahan : Sumber Daya Manusia pada bidang AKLAP harus sesuai dengan kebutuhan organisasi dengan membuat qualifikasi tertentu dengan komptensi yang terukur. Pengelolaan ADK KPPN hanya terpusat pada Seksi Pengolahan Data Akuntansi, seksi lainnya tidak boleh melakukan hal sama. ADK UAPPA-W yang diproses dengan Aplikasi SIK AKLAP pada seksi PDA, selanjutnya dilakukan rekonsiliasi Laporan SAI dan SAU oleh Seksi Pelaporan Keuangan bukan oleh suatu petugas TEAM.
Akvitiasku pada Seksi Pengolahan Datan Akuntansi, Bidang Akuntansi dan Pelaporan Kanwil VII Ditjen Perbendaharaan Bandar Lampung dari tanggal 10 Januari 2006 sampai dengan 7 Maret 2007 sebagai berikut :
1. Pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tinkat Kantor Wilayah Tahun Anggaran 2005 pada bulan Pebruari 2006. Aku terlibat langsung dalam proses pembuatan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Dokumen Uraian CaLK diproses mengunakan Microsoft word, pembuatan Grafik menggunakan Microsoft Excel, Neraca, Laporan Arus Kas (LAK) dan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) diproses dengan Microsoft Excel dan Aplikasi SIK AKLAP. Pembuatan LKPP ini dibimbing lasung Kepala Bidang AKLAP dan para Kepala Seksi, teman sekerja yang masuk Team pembuatan LKPP Tahun Anggaran 2005.
2. Anggota team Pembina II ke Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W), dengan tugas pokok membina para operator komputer agar trampil mengoperasikan Aplikasi SAPPA-W.
3. Anggota team Rekonsiliasi antara UAPPA-W dengan Kanwil VII Ditjen Perbendaharaan, dengan tugas pokok memproses ADK UAPPA-W dengan Aplikasi SIK AKLAP. Maksud dilakasanakan rekonisiliasi adalah untuk mengecek antara data Pengguna Anggaran (Instansi Pemerintah) dengan data Bendaharawan Umum Negara (KPPN) yang telah diproses dengan Aplikasi SIK AKLAP.
4. Instruktur Pelatihan Sistem Akuntansi Instansi di Kejaksaan Tinggi Lampung.
5. Peserta pelatihan jaringan komunikasi data di Hotel Aston kawasan Braga City Bandung, dengan materi pelatihan pengenalan sistem jaringan LAN - WLAN, pengenalan Router Cisco, Akses internet ke Astinet TELKOM dengan fasilitas VPN IP MPLS, cara menstup IP Address personal komputer, pelatihan ini bersetifikat.
6. Anggoa team pembuatan LKPP tahun anggaran 2006, dengan tugas mencetak Laporan Keuangan Pemerintah Pusat tingkat Kanwil VII Ditjen Perbendaharaan Bandar Lampung terdiri dari : Neraca, Laporan Arus Kas, Laporan Realisasi Anggaran.
Lama aktivitasku di bidang AKLAP 1 (satu) tahun 2 (dua) bulan.

No comments: